Print
Category: overseasLink
Hits: 423

Tes TOPIK dan Beasiswa Korea Selatan

Mendaftar kuliah ke salah satu institusi di luar negeri memang tidak mudah dan membutuhkan waktu yang cukup panjang. Terutama Korea Selatan. Ada banyak persyaratan yang perlu kalian lengkapi saat pendaftarannya mulai dari ijazah, transkrip nilai, dan juga salah satunya adalah sertifikat TOPIK.

Tahu nggak kalau hampir semua jurusan di Korea Selatan menggunakan bahasa pengantar bahasa Korea?

TOPIK atau Test of Proficiency in Korean adalah ujian kemampuan berbahasa Korea. Untuk bisa langsung masuk ke Undergraduate atau Master Program di Korea Selatan, biasanya kemampuan berbahasa Korea yang diminta minimal level 3. TOPIK memiliki 4 komponen yang diujikan : tata bahasa, menulis, mendengar, dan membaca.

Berikut perbedaan Level TOPIK:

Waktu Berlaku

Sertifikat TOPIK akan berlaku selama dua tahun dan bisa digunakan untuk mendaftar ke universitas tujuan dalam rentang waktu tersebut.

Bagaimana cara mengikuti ujian tes TOPIK?

Ujian tes TOPIK diadakan dua kali dalam setahun oleh Kedutaan Korea Selatan di Indonesia. Ujian tersebut biasanya dilaksanakan pada bulan April dan Oktober dengan biaya yang terjangkau.

Belajar Bahasa Langsung di Korea Selatan

Selain belajar secara otodidak ataupun les Korea di Indonesia, kalian juga bisa belajar bahasa Korea langsung di negari Sakura ini. Kelebihan belajar bahasa Korea langsung di Korea Selatan :

Beasiswa di Korea Selatan

Ada banyak sekali beasiswa yang ditawarkan di Korea Selatan baik dari pemerintah maupun dari pihak universitas sendiri. Bahkan, hampir semua universitas menawarkan beasiswa. Beasiswa dari pihak universitas biasanya diberikan dengan pertimbangan nilai TOPIK. Untuk TOPIK level 3, kalian bisa mendapatkan potongan uang kuliah mulai dari 30%. Jika nilai TOPIK nya lebih tinggi, beasiswa yang akan kalian dapatkan juga bisa lebih banyak bahkan hingga 100%.

Tertarik kuliah di Korea Selatan?

Dapatkan bimbingan langsung