Ingin Melanjutkan Pendidikan Sejak  DINI di Singapore?

Perkembangan jaman saat ini telah menghadirkan potensi hubungan antarnegara  yang cukup luas dan besar, sebut saja untuk melakukan business antar negara dan juga stay diluar negara, bahkan study di luar negeri  juga udah sangat umum terjadi saat ini.

Mulai kapan baiknya anak disekolahkan ke luar negeri ?

Mungkin pertanyaan diatas bisa saja timbul dalam benak kita, jika ada saatnya ingin membuat perencanaan buat keluarga sendiri jika ingin menyekolahkan anaknya di luar negeri.

Ada beberapa persiapan yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskannya

  1. Ada yang mempersiapkan sejak dari Primary ( Sekolah Dasar ) dan ada yang Secondary ( SMP), pastinya orangtua sudah mempertimbangkan akan hal ini.
  2. Jika status salah satu anggota keluarga mendapatkan pekerjaan di luar negeri, maka biasanya ada yang mempertimbangkan keluarganya untuk ikut serta ke negara yang dituju, pada kesempatan ini, anak otomatis bisa juga melanjutkan pendidikan di negara yang dituju. Dan hal ini tidak terlalu sulit, karena pihak keluarga bisa bersama-sama
  3. Ada juga keluarga yang persiapkan anaknya belajar mandiri di luar negeri, dan untuk case ini, biasanya mereka akan mempertimbangkan negara yang dekat dengan keluarga tersebut, sebut saja jika orang tua di Indonesia ,biasanya mereka mempertimbangkan untuk anaknya yang under 18 tahun itu ke negara yang lebih dekat seperti Singapore dan Malaysia.

Kenapa Memilih Singapura?

  1. Pendidikan selalu menjadi kunci utama dalam pertumbuhan dan perkembangan Singapura setelah merdeka pada tahun 1965. Dengan memfokuskan diri pada dunia pendidikan, Singapura saat ini menjadi salah satu negara yang memiliki sistem pendidikan terbaik di ASIA
  2. Karena lokasi yang dekat dengan Indonesia

Durasi penerbangan yang tidak lama, jalur pilihan transportasi yang banyak,membuat pilihan orangtua lebih nyaman mempertimbangkan ke Singapore.

  1. Bahasa penghantar yang akan di gunakan Bahasa Inggris

Bahasa utama di Singapore adalah Bahasa inggris, sehingga harapan orangtua yang mengirimkan anaknya untuk sekolah di Singapore tidak kuatir akan bahasanya

  1. Sistem Pendidikan Singapore sudah diakui secara International, dan kurikulum yang di terapkan juga sesuai dengan Pendidikan Dunia.
  2. Harapan yang tidak kalahpenting, Universitas yang ada di Singapore baik NTU, NUS, masuk dalam daftar Ranking dunia, dimana untuk masuk sangat sulit, sehingga para orangtua yang ingin anaknya punya peluang disana, sejak primary atau secondary sudah mengirimkan anaknya untuk study di Singapore, sehingga diharapkah setelah mereka lanjutin pendidikan disana , peluang untuk masuk NTU dan NUS bisa lebih besar.
  3. Peraturan pemerintah Singapore saat ini lebih membuka kesempatan buat international student , bagi yang study di Singapore 2 tahun , baik O level & A level dengan durasi study 2 tahun ,dapat berkesempatan menjadi  Permanent Residence ( PR ) di Singapore
  4. Alasan yang penting juga adalah Karir,Singapore memberikan kesempatan buat alumni yang lulus study di Singapore untuk dapat bekerja di berbagai bidang pekerjaan di Singapore.
  5. Tentunya banyak lagi alasan ,kenapa kita bisa pertimbangkan kesempatan ini.

 

Seperti Apa Jenjang Pendidikan di Singapura?

  

 

Ada lebih dari 80.000 siswa mancanegara yang datang dari 120 negara pada saat ini menempuh pendidikan di berbagai level dan institusi di Singapura, mulai daris ekolah negri, swasta hingga perguruan tinggi negeri, politeknik dan juga beberapa sekolah swasta lainnya di Singapura. Berikut bagan sistem pendidikan di Singapura

 

Untuk Institusi ada sekolah PUBLIC danada juga yang PRIVATE

Untuk info lebih banyak mengenai studi di Singapura silahkan email keThis email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. or WA 

 

 

 

Lima Artis Perempuan ini Juga Kuliah di Luar Negeri

Pendidikan sejatinya adalah hak setiap anak bangsa. Tak terbatas ras, suku, agama, maupun gender. Bagi perempuan, mendapatkan penddidikan tinggi tidak hanya soal gelar. Kelak ketika kalian sudah berkeluarga, kalian yang akan menjadi madrasah pertama untuk anak-anak kalian. Beda dong kalau dididik sama mamah-mamah cerdas J

Lima artis berikut juga sangat mementingkan pendidikan mereka hingga menempuh studi di luar negeri.

Maudy Ayunda

Cantik, berbakat, dan cerdas. Tiga hal itu melekat di sosok Ayunda Faza Maudya yang lebih dikenal dengan nama Maudy Ayunda. Artis pemeran film Perahu Kertas ini diterima di Oxford University UK yang masuknya saja sudah sangat susah. Plus, jurusan yang dia ambil adalah Polotics, Philosophy and Economics. Lengkap ya J Maudy Ayunda menjadi lulusan pertama di Oxford University jurusan PPE.

Tasya Kamila

Tasya Kamila juga merupakan salah satu artis yang concern sama pendidikannya. Tasya Kamila bahkan mendapatkan beasiswa LPDP untuk study S2-nya di Columbia University USA jurusan Public Administration. Beasiswa LPDP ini perlu proses panjang dan juga selektif sekali untuk mendapatkannya. Hebat ya Tasya bisa tembus beasiswa ini.

Gita Gutawa

Seperti Tasya Kamila, Gita Gutawa juga merupakah salah satu artis yang berhasil mendapatkan beasiswa LPDP. Jika Tasya memilih kuliah di USA, Gita Gutawa melanjutkan S2-nya di London School of Economics and Political Science Inggris. Dalam sebuah caption di Instagram Gita menulis

"Salah satu kenikmatan terbesar dalam hidup adalah mencapai apa yang orang (bahkan diri Anda sendiri) berpikir Anda tidak bisa melakukan. Tapi perjalanan saya belum berakhir. Bahkan, dalam banyak hal, itu baru saja dimulai. Bismillah,"

Setuju ya J

Cinta Laura

Cinta Lauara yang memang kalau ngomong kebule-bulean ini menyelesaikan S2 nya di Universitas Columbia New York, Amerika. Tidak hanya sekedar lulus, Cinta Laura bahkan meraih dua gelar sekaligus : Psikologi dan Sastra Jerman dengan predikat Cum Laude.

Wirda Mansur

Wirda yang merupakan putri Ustadz Yusuf Mansur membuktikan bahwa cantik dan sholekha saja tidak cukup. Pendidikan baginya juga salah satu hal yang sangat penting.  Meskipun sempat keluar dari sekolah umum dan memilih home schooling untuk menghafal Al Qur;an, Wirda akhirnya diterima dan bisa kuliah di Oxford University.

Mau kuliah ke luar negeri seperti mereka?

Yuk diskusikan rencana studimu bersama kami dengan WA ..

 

Image result for singapura

Apa yang terlintas di benak kalian kalau mendengar kata Singapura?

Merlion Park? Universal Studio? Negara kecil yang maju ini juga terkenal memiliki pendidikan yang berkualitas. Bahkan National University of Singapore (NUS)  menduduki peringkat nomor 1 universitas terbaik di Asia. Selain NUS, Singapura memiliki beberapa universitas TOP lainnya seperti :

  • Nanyang Technological University (NTU)
  • Singapore Management University (SMU)
  • Singapore Institute of Management
  • Singapore University of Technology and Design
  • Dll

Belajar Jurusan Bisnis di Singapura

Ada banyak jurusan yang bisa kalian pilih tentunya untuk belajar di Singapura seperti Design, Animasi, Psychology, dan masih banyak lainnya. Untuk yang ingin belajar bisnis, Singapura rasanya menjadi salah satu negara yang cocok untuk kalian.

Dikutip dari business.hsbc.co.id, Singapura berada di posisi pertama dalam peringkat Kemudahan Berbisnis tahun 2016 yang dinilai oleh Bank Dunia, selama 10th tahun berturut-turut. Dengan belajar bisnis di Singapura, siapa tahu kelak kalian juga bisa terjun langsung ke perusahaan besar atau bahkan membangun bisnis kalian sendiri.

Apa sih pertimbangan kuliah di Singapura?

  • Durasi untuk kuliah S1 di Singapura relatif lebih cepat dibanding dengan di Indonesia.
  • Banyak diskusi dan seminar keilmuan yang digelar dan tanpa dipungut biaya.
  • Merasakan pengalaman belajar di lingkungan multicultural dimana teman-teman kalian nantinya akan berasal dari banyak negara
  • Kemampuan bahasa Inggris akan terasah karena bahasa pengantar di kelas akan menggunakan bahasa Inggris

Biaya Hidup di Singapura

Biaya hidup selalu menjadi pertimbangan penting saat memutuskan untuk kuliah di luar negeri. Untuk biaya hidup di Singapura berkisar antara750-2000 dolar Singapura atau sekitar Rp7.5juta-20jutaan perbulan dengan rincian sebagai berikut:

Biaya Makan

225 – 400 dolar Singapura

Biaya Transportasi

20-150 dolar Singapura

Biaya Pulsa

30 dolar Singapura

Biaya ATK

30-70 dolar Singapura

Biaya lain (hiburan, keperluan sehari-hari)

50-100 dolar Singapura

 

Bagaimana caranya kuliah di Singapura?

Ada beberapa persyaratan yang perlu dilengkapi untuk kuliah di Singapura seperti:

  • Passport
  • Ijazah terakhir
  • Transkrip nilai
  • Nilai IELTS/TOEFL tergantung institusi dan jurusan yang dipilih

Persyaratan masuk ke universitas di Singapura tentunya akan berbeda satu dengan lainnya.

Tokoh berikut juga kuliah di Singapura

Image result for merry riana

Siapa yang tidak mengenal sosok Merry Riana yang kisahnya juga diangkat menjadi film layar lebar berjudul “Mimpi Sejuta Dolar”. Marry Riana mengenyam pendidikan jurusan Electrical and Electronics Engineering di Nanyang Technological University pada tahun 1998. Merry mejadi entrepreneur  yang sukses di usia muda, seorang speaker, trainer, dan menjadi motivator wanita nomor satu di Asia.  Kesuksesannya tentu saja tak lepas dari kerja keras dan kegigihannya selama ini.

Image result for kaesang pangarep

Tokoh lain yang juga kuliah di Singapura adalah putra bungsu bapak Joko Widodo, Kaesang  Pangarep. Kaesang telah menempuh pendidikan sejak SMA di Singapura dan melanjutkan studinya di Singapore Institute of Management University.

Mencari referensi kuliah di Singapura dan cara mendaftarnya akan memakan banyak waktu dan tenaga. Yuk konsultasikan rencana study kalian di Singapura bersama kami.

 

 

 

 

Kuliah Psikologi di Luar Negeri

 

 

 

Psikologi adalah studi tentang perilaku manusia dan proses mental. Ini mencakup topik seperti psikologi perkembangan, persepsi, pembelajaran, motivasi, proses kognitif, perbedaan individu dan psikologi sosial, dan memiliki banyak fitur dari kursus sains, seperti kerja praktek, deskripsi statistik dan analisis data dan kursus tentang fisiologi otak manusia.

 

Karir yang menjanjikan

 

Peluang Karir menjadi salah satu pertimbangan penting ketika kita memilih jurusan di universitas. Ada beberapa bidang kerja yang bisa dilamar oleh kalian yang merupakan lulusan psikologi. Berikut list-nya:

 

  1. Human Resources Development (HRD)
  2. Konselor
  3. Psikolog
  4. Guru Bimbingan Konseling
  5. Coounsellor / Consultant pendidikan
  6. Dosen Psikologi
  7. Peneliti
  8. Penulis buku
  9. Penerjemah buku
  • Terapis Anak Berkebutuhan Khusus
  • Trainer
  • Guru sekolah kepribadian
  • Pekerja social
  • Staff Ahli
  • Psikolog Forensik
  • Guru PAUD, TK dan SD
  • Psikolog Klinis
  • Psikolog Olahraga
  • Konselor karir
  • Research and Development

 

Sebetulnya ada banyak universitas di Indonesia yang menawarkan jurusan psikologi. Namun jika kalian tertarik untuk kuliah jurusan di Psikologi di luar negeri berikut beberapa negara dan universitas yang menawarkan jurusan tersebut :

 

  1. Malaysia

Negara yang menjadi tetangga Indonesia ini ternyata mempunyai banyak universitas sebagai pilihan studi. Salah satu universitas yang menawarkan jurusan psikologi adalah INTI University. INTI memiliki 6 kampus di Malaysia dengan lebih dari 16,500 mahasiswa di dalamnya.

 

INTI menjalin partnership dengan banyak universitas di banyak negara seperti University of Wollongong Australia, Southern New Hampshire University UK, Sheffield Hallam University, dan masih banyak lagi. Dengan program partnership ini kalian bisa mendapatkan double certificate ataupun berkesempatan untuk kuliah di tahun terakhir di negara lain.

 

 Selain itu, INTI juga menawarkan beasiswa up to 30% untuk kalian yang mendaftar hingga akhir Maret 2018.

 

  1. Singapore

Negara tetangga Indonesia berikut ini pun menawarkan program Bachelor of Psychology. Perekonomian Singapura yang maju dan kualitas pendidikannya yang bermutu bisa menjadi salah satu pertimbangan untuk kuliah Psikologi di negara ini. Selain itu, durasi kuliah di Singapura relative singkat yaitu mulai dari 2,5 tahun saja. Lulus lebih cepat berarti kalian bisa lebih cepat pula untuk terjun berkarir.

 

  1. Australia

Berminat melanjutkan pendidikan jurusan psikologi ke negeri kanguru ini? Southern University bisa jadi pilihannya. Universitas pemerintah ini bahkan juga menawarkan Scholarship hingga AUD 2.800.

 

  1. South Korea

Ingin merasakan study di negeri Ginseng Korea? Kenapa tidak. Selain terkenal dengan K-Pop dan K-drama nya, Korea Selatan juga menjadi salah satu negara destinasi mahasiswa internasional karena kualitas pendidikannya dan juga apresiasi pemerintahnya. Hampir semua universitas di Korea memberikan beasiswa mulai dari 15 – 100% potongan uang kuliah. Asik ya. Sogang University bisa menjadi pilihan kalian untuk melanjutkan studi jurusan psikologi.

 

  1. New Zealand

Otago University bisa jadi pilihan. Asiknya kuliah di New Zealand? Banyak. Selain keindahan alam yang memanjakan mata, suasana yang kondusif untuk belajar, kesempatan untuk part-time job, kalian juga berpeluang untuk bekerja di New Zealand setelah lulus under post search visa.

 

Berminat kuliah ke salah satu negara di atas atau ke negara lainnya? Silahkan email kami untuk mendapatkan bimbingan atau WA kami by…

 

 

 

STUDY